sad-crying-boy-in-love-4

Berikut 5 alasan kenapa kamu tidak jago-jago saat bermain bola dan sering kalah dibanding menang saat sparing.

1. Ga Pernah Latihan
Ini alasan yang paling masuk akal. Gimana mau menang kalo latihan aja jarang. Bahkan legenda bola seperti Ronaldo selalu berlatih bola meski mereka sudah jago. Lah, masa kamu yang ga jago malah ga latihan, tapi latihan juga harus rutin, jangan seminggu latihan sebulan pacaran mulu. Ada baiknya ikut klub bola aja biar latihan rutin jelas.

2. Punya Teman Se-tim yang Ga Jago
Ini biasanya dipikirkan oleh orang yang merasa dirinya jago (bisa iya-bisa terlalu pede). Jadi, saat diri-mu kalah malah menyalahkan punya temen yang ga jago. Padahal siapa tahu aja teman setim-mu berpikiran sama dengan-mu jika diri-mu ga jago. Saran Bolalob jika punya masalah karena punya teman setim yang ga jago, buat tim sendiri cari pemain tarkaman yang jago. Jika masih kalah juga, masalah bukan di tim kamu, tapi kayaknya kamu-lah masalahnya.

3. Ketemu Lawan yang Jago
Ini alasan klasik yang merasa dirinya jago, tapi kalah karena lawan yang lebih jago. Ini sih pembenaran kalau kalah ya kalah aja, dan memang kamunya ga jago main bola. Solusi permasalahan ini adalah kamu ikut turnamen yang kamu analisis peserta yang ikut dapat kamu kalahkan. Contoh, kamu mahasiswa cobalah ikut turnamen bola tingkat SD atau SMP. Kalau masih kalah juga, mending jadi pencatat papan skor deh dari pada main bola.

4. Kamu Sibuk
Ini alasan yang sangat klasik dan berkaitan dengan alasan nomor satu. Kamunya sibuk yang menyebabkan tidak sempat bermain bola, latihan, bahkan untuk ikut turnamen. Artinya, kamu tidak bermain bola sama sekali dan jelas saja tidak akan jago-jago. Solusinya, kamu putuskan akan fokus di bola atau bekerja. Kalau di bola, latihanlah rutin dan cari duit dari bola. Jika bekerja, ya iklaskan saja untuk tidak bermain bola dan hanya bermain untuk hobi saja. Tapi, jangan pernah menggunakan alasan sibuk karena punya pacar atau sudah menikah karena itu cuman bisa buat iri jomblo bola aja. Lebih baik kamu diam di rumah aja deh.

5. Bakatmu di Bidang Lain
Ini alasan terakhir dan sudah tidak bisa ditolong lagi. Kamu sudah rajin latihan, punya tim yang jago, ketemu lawan yang ga jago-jaga amat, dan tidak diganggu kesibukan apapun (pengangguran plus masih jomblo), tapi masih tidak jago-jago. Mungkin sudah saatnya kamu ganti renungan dari kenapa ga jago-jago maen bola dengan berpikir mungkin bukan bakat kamu bermain bola. Masih banyak olahraga lain, seperti lompat tali, main kelereng, dan yang lainnya. Coba renungkan dan cari olahraga yang sesuai dengan bakatmu.

Advertisements